Rabu, 22 Agustus 2012

Tips-Tips Memohon Turun Hujan Menurut Islam

 1.Dengan cara berdoa langsung memohon kepada Allah S.W.T. agar diturunkan hujan, baik sendiri maupun berjamaah diluar shalat

 2.Berdoa memohon kepada Allah S. W. T. agar diturunkan hujan setelah shalat baik shalat wajib atau shalat sunah.

 3.melakukan shalat istiqha dengan semua ketentuannya.

Bagaimana cara pelaksanaannya? Cara pelaksanaannya dibagi menjadi dua bagian yaitu :

 1. Pelaksanaan pra shalat istiqha
 2. Pelaksanaan shalat istiqha

1. Pelaksanaan pra shalat istiqha
     a. Sebelum shalat istiqha masyarakat diharuskan bertaubat meninggalkan segala bentuk kemaksiatan dan memperbanyak beribadah, Kemudian diharuskan memperbanyak shadaqah semampunya kepada fakir miskin dan menyeru agar meninggalkan perbuatan zhalim dan permusuhan. Dan yang terakhir meningkatkan rasa toleransi dan perdamaian.
      
     b. Tiga hari sebelum shalat istiqha masyarakat diharuskan melaksanakan puasa tiga hari memohon doa. Dan setelah berpuasa selama tiga hari tepatnya pada hari ke empat barulah dilaksanakan shalat istiqha.
 2. Pelaksanaan Shalat istiqha
      a. Saat melaksanakan shalat istiqha imam(pemimpin) dan masyarakat berkumpul dilapangan atau di masjid dengan memakai pakaian yang bersih dan sederhana.
      
      b. Masyarakat duduk dengan tenang penuh khidmat dan rasa tawadhu, setelah itu baru melaksanakan shalat istiqha.
      
      c. Bagaimana pelaksanaan shalat istiqha? Pelaksanaan shalat istiqha hampir sama dengan pelaksanaan shalat ied yaitu pertama niat shalat istiqha niatnya "aku niat shalat sunnah istiqha dua rakaat jadi makmun/imam karena Allah S. W. T." setelah itu membaca takbir 7 kali dan seterusnya sama seperti shalat ied, sesudah itu melaksanakan khutbah dua kali.

6 komentar: