Minggu, 26 Agustus 2012

7 Fakta Menarik Tentang Bulan

       Bulan adalah salah satu satelit bumi yang alami selain satelit buatan manusia yang lain. Apakah kalian tahu bahwa ternyata Bulan juga memiliki daya tariknya sendiri? Salah satunya adalah umur Bulan, apakah kalian tahu berapa umur bulan?. kalau ingin tahu ayo kita baca yang berikut ini!.

1. Umur Bulan

   Apakah kalian tahu bahwa umur bulan ternyata lebih tua dari umur bumi?. Umur bulan yang sekarang kira-kira adalah 5.3 miliyar tahun, "Sedangkan umur bumi yang tertua menurut para ilmuwan bisa mencapai 4,6 miliyar tahun" Tapi bagi umat islam umur bumi tidak bisa diperkirakan karena Allah S.W.T. yang hanya bisa menentukan umur bumi.

2. Daya Tahan Bulan

    Apakah kalian pernah memikirkan seberapa kuatnya Bulan? Ternyata Bulan memiliki kekuatan yang sangat kuat, Pada kenyataannya permukaan bulan sangat keras sekeras Titanium, apakah kalian tahu juga kawah terbesar di bulan yang mencapai diameter 300 KM dan kedalaman 6,4 KM?, Para ilmuwan menyimpulkan bahwa apabila batuan yang menabrak bulan itu menabrak bumi maka batuan itu bisa membuat kawah berdiameter 1200 KM. Ini terbukti saat kru apollo 13 membuang sisa pesawat yang tidak dipekai ke Bulan, dan menghasilkan gema dan gempa yang terjadi selama 15 menit. Hal ini dilakukan ulang lagi oleh kru apollo 13 tetapi benda yang sekarang jatuh lebih keras dan hasilnya adalah gema dan gempa yang terjadi selama 3 jam 20 menit.

3. Batuan Bulan

     Kalian tahu tidak terbuat dari apakah batuan bulan? Penasaran? ok saya akan beritahu kalian bahwa ternyata batuan dari bulan terbuat dari logam-logam super seperti Titanium, Uranium 236, dan Neptunium 237. Kalau di bumi biasanya bahan-bahan tersebut dipakai untuk membuat pesawat stealth fighter yang biasa dipakai untuk berperang.

4. Uap Air

      Seorang astornot pada tanggal 7 maret 1997 telah menemukan adanya uap air di bulan uap air tesebut bertahan selama 14 jam dan menutupi permukaan bulan seluas 100 mil persegi.

5. Ukuran Bulan

      Apakah kalian tahu juga mengapa saat gerhana matahari bulan bisa menutupinya dengan sempurna?. Itu disebabkan oleh jarak matahari ke bumi sama dengan 395 kali jarak bumi ke bulan, dan ukuran matahari sama dengan 395 kali diameter bulan, Sehingga bulan dapat menutupi matahari secara sempurna.








6. Bulan Merupakan Orbit Aneh

      Bulan merupakan orbit yang aneh? Mengapa ya? Ini disebabkan oleh permukaan bulan yang setiap malamnya sama dan tidak pernah berubah. Selain itu juga bulan memiliki bentuk bulat yang hampir sempurna di sistem tata surya kita, Berat utama bulan terletak 6000 kaki lebih dekat dari pada pusat geometrisnya.

7. Bulan pernah terbelah

     Fakta ini sesuai dengan pengalaman salah satu pemimpin islam yang bergelar Nabi dan Rasul utusan Allah yaitu Muhammad S.A.W. . Muhammad diberi mukzizat oleh Allah S.W.T. dapat membelah bulan, ia menggunakan mukzizat itu karena suku Quraisy tiadak percaya bahwa Muhammad adalah utusan Allah S.W.T. setelah itu bulan yang tadinya terbelah dua menjadi bersatu kembali. Fakta ini ternyata terungkap saat NASA meneliti tentang bulan.



3 komentar: